Nama : Rangga Suwandi
NPM : 56412022
Kelas : 3IA25
REVIEW GAME DOTA 2
DOTA
Apa itu DotA? DotA merupakan
singkatan dari Defend of the Ancients, merupakan hasil modifikasi untuk game
warcraft 3 : The Frozen Throne. Kemudian untuk kata “Allstars “ merupakan
kumpulan dari semua hero – hero yang ada pada game Warcraft 3 : Reign of Chaos,
expansion Warcraft 3 : The Frozen Throne dan juga terdapat penambahan hero –
hero yang baru pada saat update versi terbaru DotA diluncurkan. Jadi gameplay
dari game ini adalah pemain diharuskan untuk mempertahankan wilayahnya dan
menyerang wilayah milik pemain lain. Dan akan ada sekitar 70 hero yang dapat
dipilih oleh pemain. Setiap hero akan memiliki kelebihan dan kekurangannya
masing – masing. Dalam permainan, anda dapat bertempur secara One by One
ataupun secara Team. Taktik dan strategi sangat diperlukan dalam permainan ini,
pemilihan kombinasi item dan hero yang salah juga bisa menyebabkan kegagalan
pada team anda.
DOTA 2
Dota 2 adalah sebuah game multiplayer online battle arena MOBA, merupakan versi Stand Alone dari DEFENSE OF THE ANCIENT mod pada WARCRAFT 3 : REGIN OF CHAOS dan WARCRAFT 3 : THE FROZEN THRONE. DOTA 2 di developer oleh VALVE CORPORATION, terbit juli 2013 DOTA 2 dapat dimainkan secara gratis pada OS Microsoft Windows, OS X dan Linux.
Sistem Permainan Dota 2
Dota 2 dimainkan oleh 2 team yang beranggotakan 5 orang pemain. Setiap tim memiliki markas yang berada dipojok peta, setiap markas memiliki satu bangunan bernama “Ancient” dimana dari pihak tim lain harus menghancurkan “Ancient” musuhnya untuk dapat memenangkan game. Pada Dota 2 setiap pemain mengontrol satu “Hero” atau satu karakter yang berfokus pada menaikkan level masing-masing, mengumpulkan gold, membeli item dan melawan tim lawan untuk menang.
ASAL USUL NAMA HERO DAN ITEM HERO DI DOTA
ITEM :
Aegis of
the Immortal = Tameng yang menurut legenda dulu digunakan oleh Zeus, Dewa
Yunani.
Aghanim’s Scepter – Aghanim adalah nama boss terakhir di beberapa game Zelda.
Buriza-Do Kanyon – Item dari game Diablo II.
Dagon – Dewa Semitic.
Eul’s Scepter of Divinity – Sebagai penghormatan kepada pembuat DotA yang pertama kali (Eul). Sedangkan Guinsoo’s Scythe of Vyse mengikuti tradisi ini dan merupakan item untuk mengenang perintis map DotA Allstars (Guinsoo).
Eye of Skadi – Skadi adalah istri dari Van god Njord dalam mitology Norse. Dia adalah dewi salju, dan untuk menghormatinya, item ini membuat hero dapat memperlambat gerakan musuh pada setiap serangannya (Frost Attack).
Lothar’s Edge – Sebagai penghormatan kepada Sir Anduin Lothar, Ksatria dari Azeroth yang memenangkan “First War” (dalam Warcraft & Warcraft II).
Necronomicon – Buku fiksi tentang sihir yang ditulis oleh H. P. Lovecraft.
Nethrezim Buckler – Nathrezim atau Dreadlords adalah salah satu ras dalam lingkup game Warcraft.
Stygian Desolator – Senjata dari game Anarchy Online.
Heart of Tarrasque – Mahluk mistik yang menyerupai naga, singa, dan kalajengking. Juga merupakan salah satu boss dari game Starcraft.
Yasha – Sejenis setan dalam mitologi Indian.
Aghanim’s Scepter – Aghanim adalah nama boss terakhir di beberapa game Zelda.
Buriza-Do Kanyon – Item dari game Diablo II.
Dagon – Dewa Semitic.
Eul’s Scepter of Divinity – Sebagai penghormatan kepada pembuat DotA yang pertama kali (Eul). Sedangkan Guinsoo’s Scythe of Vyse mengikuti tradisi ini dan merupakan item untuk mengenang perintis map DotA Allstars (Guinsoo).
Eye of Skadi – Skadi adalah istri dari Van god Njord dalam mitology Norse. Dia adalah dewi salju, dan untuk menghormatinya, item ini membuat hero dapat memperlambat gerakan musuh pada setiap serangannya (Frost Attack).
Lothar’s Edge – Sebagai penghormatan kepada Sir Anduin Lothar, Ksatria dari Azeroth yang memenangkan “First War” (dalam Warcraft & Warcraft II).
Necronomicon – Buku fiksi tentang sihir yang ditulis oleh H. P. Lovecraft.
Nethrezim Buckler – Nathrezim atau Dreadlords adalah salah satu ras dalam lingkup game Warcraft.
Stygian Desolator – Senjata dari game Anarchy Online.
Heart of Tarrasque – Mahluk mistik yang menyerupai naga, singa, dan kalajengking. Juga merupakan salah satu boss dari game Starcraft.
Yasha – Sejenis setan dalam mitologi Indian.
HERO :
Akasha –
Salah satu dari 5 element dari kepercayaan Hindu. Juga merupakan nama karakter
Queen of the Damned dari buku yang ditulis oleh Anne Rice.Atropos – Salah satu
dari 3 takdir dalam mitologi Yunani, yang menurut legenda berarti “memotong
benang kehidupan”. Hal ini diwakili dalam game dengan ultimate Fiend’s Grip
yang akan menguras darah musuhnya.
Azwraith –
Hero ini menggunakan model/icon berdasarkan dari karakter Kimhari dalam game
Final Fantasy.
Furion –
Pemimpin dari Night Elves yang menguasai alam dari game Warcraft III.
Bradwarden
– Karakter centaur dari buku The Demon Awaken yang ditulis oleh R.A. Salvatore.
Juggernaut
– Ultimate hero ini merupakan turunan dari omnislashnya Cloud Strife dalam game
Final Fantasy VII.
Lina
Inverse – Nama karakternya berasal dari Slayers, sebuah manga dan anime yang
cukup terkenal.
Kel’Thuzad
– Murid dari Lich King dari game Warcraft III.
King
Leoric – Namanya berasal dari karakter di Diablo yang anaknya dirasuki setan.
Krobelus –
Karakter dalam game Summoner 2.
Leviathan
– Hero yang keliatan seperti raksasa laut. Namanya berasal dari mahluk laut
yang cukup melegenda.
Lucifer –
Malaikat yang jatuh dalam dosa (setan) dalam tradisi Kristiani.
Leshrac
(the Malicious) – Karakter dalam game Magic the Gathering.
Magnus –
Seorang fisikawan German, Heinrich Magnus, yang menulis tentang fenomena efek
Magnus. Sedangkan hero ini memiliki ultimate Reverse Polarity yang mirip dengan
apa yang terjadi dalam efek Magnus.
Medusa –
Monster dalam mitologi Yunani yang pandangannya dapat merubah orang menjadi
batu. Hal ini diwakili dalam game dengan ultimate Purge yang dapat sangat
memperlambat gerakan musuhnya, meskipun tidak sampai merubah mereka menjadi
batu.
Morphling
– Shapeshifter dari game Wizards of the Coast’s Magic the Gathering, yang juga
ahli dalam merubah-rubah statsnya.
Naga Siren
– Merupakan mahluk dari mitologi Yunani, dimana siren (setengah manusia,
setengah mahluk laut) mempengaruhi para pelaut agar datang ke pulau mereka.
Dalam game, ultimate hero ini, Song of the Siren menyebabkan sekelompok musuh
tidur selama beberapa waktu.
Rikimaru –
Ninja dalam game Tenchu: The Stealth Assassins.
Zeus –
Dewa petir dan juga pemimpin para dewa dalam mitologi Yunani.
Karena DotA (Defense of the
Ancients) adalah peta/map custom, beberapa dari konsep- konsep game sangat
berbeda dengan Warcraft III: Reign of Chaos atau The Frozen Throne yang asli.
Namun demikian, game aslinya dan peta/map DotA custom punya beberapa kemiripan,
misalnya pemakaian karakter Warcraft yg telah dimodifikasi, adaptasi dari
mantra/spells Warcraft semacam Heal, dan benda/items semacam Boots of Speed
(Sepatu Boot kecepatan).
Untuk peta/map DotA, dua markas/base
di set di dua sudut berlawanan dari peta/map. Di masing- masing markas/base
terdapat satu bangunan sentral yang dikenal sebagai Ancient, dari mana peta/map
memperoleh namanya. Inti dari permainan adalah menghancurkan Ancient tim lawan
dan mempertahankan Ancient sendiri. Ancient yang dipakai untuk masing- masing
tim biasanya The Frozen Throne/World Tree (dalam variasi- variasi Classic,
Allstars); dan Town Center normal untuk masing- masing tim (dalam variasi
Outland). Tiga jalur/lanes menghubungkan kedua markas/base. Sebuah sungai
berjalan diagonal di tengah peta/map, tegak lurus/ perpendicular ke tiga jalur/
lanes, masing- masing tim punya sejumlah menara/ tower pertahanan di masing-
masing jalur/ lanes, yang diletakkan di sisi sungai bagian mereka.
Tim- tim terdiri atas maksimal 5
pemain, masing- masing mengkontrol satu hero, dan satu komputer yg mengkontrol
creeps. Variasi standar tidak men-support kecerdasan artifisial (artificial
intelligence/AI) untuk hero yang dikontrol komputer. Satu variasi yang dikenal
sebagai DotA Mercenaries mengizinkan lebih banyak pemain yang dikontrol
komputer, dan biasa dipakai untuk kegunaan latihan/practice atau waktu tidak
ada pemain manusia lainnya yang bisa main. Beberapa developer memunculkan versi
tes dari peta/map DotA dengan pemain AI yang mempunyai skill/ kemampuan
bervariasi. Yang terbaru merupakan Cloud_str yang menciptakan dota allstars
6.27b AI.
Markas/base lawan memproduksi
troops, yang dikenal sebagai creeps, setiap 30 detik, dimulai dari 1 menit 30
detik. Creeps diproduksi dalam set (yang juga dikenal dengan waves atau spawns)
yang terdiri dari sejumlah unit tawuran dan satu unit terlatih, dan menjalur
kebawah menuju tiga jalur/lanes yang tersedia di peta/map menuju markas/base
lawan. Seiring dengan perjalanan permainan, jumlah creeps bertambah, demikian
juga hit points dan damage mereka. Creeps untuk Scourge terdiri dari Ghouls dan
Neuromancers, sedangkan creeps untuk Sentinel terdiri dari Treants dan satu
Druid of the Talon. Saat creeps berjalan di jalur/lanes mereka akan bertempur
dengan creeps, heroes atau menara/tower lawan yang mereka jumpai. Menara/tower
memiliki daya tembak/firepower lebih baik dibanding creeps, jadi akan sangat
sulit untuk creeps untuk melewati menara/tower tanpa bantuan dari seorang hero.
Variasi tertentu DotA (misalnya
Allstars dan Mercenaries) memiliki Runes di sungai yang bisa diambil oleh hero
untuk memperoleh bonus untuk waktu yang singkat (misalnya Double Damage,
Regeneration, Haste, Illusion dan Invisibility), sedangkan variasi lainnya
memiliki kegunaan Rune yg berbeda (misalnya aktivasi Challenge di Outland).
Tanpa pengaruh dari hero, permainan
tidak akan bisa dimenangkan dengan cepat oleh kedua tim. Creeps akan bertempur
masing- masing dan setelah itu mengorbankan diri mereka sendiri dengan serangan
sia- sia ke menara/tower. Namun demikian, di latihan/practice, biasanya akan
ada ketidakseimbangan kekuatan seiring waktu karena peletakan tertentu dari
menara/tower, jalur/lane creeps, dan variable lain (karena perbedaan tipis dari
sejumlah variasi, ke“untung”an akan bervariasi). Namun demikian,
ketidakseimbangan ini begitu tipis sehingga kemunculan satu hero saja untuk
jumlah waktu tertentu bisa meniadakan keuntungan itu
Perkenalan
Hero
Hero diperingkatkan berdasarkan
level. Sewaktu naik satu level, hero menerima atribut bonus dan satu skill
point untuk dibelanjakan dalam mempelajari atau meng-upgrade skill yang sudah
ada. Hero bisa naik level waktu permainan dengan mendapatkan experience.
Experience bisa diperoleh dengan membunuh creeps, yang dikenal dengan istilah
creeping atau farming dan dengan membunuh hero lawan yang dikenal dengan
istilah pawning yang mengakibatkan hero mendapatkan lebih banyak experience
points.
Creep netral dengan kesulitan bervariasi
jadi ditaruh di seluruh peta/map, dan mereka juga bisa dibunuh untuk memperoleh
experience dan emas/gold. Creep netral tidak diprogram untuk melakukan apa-apa
kecuali bertempur dengan karakter yang terlalu dekat; karena dengan begitu,
mereka ada untuk dibunuh untuk mendapatkan experience dan emas/gold. Creep
netral ini bervariasi dalam kekuatan dari yang sangat lemah ( creep level
satu), sampai yg sangat kuat dimana satu tim penuh hero dengan pangkat tinggi
yang diperlukan untuk bertarung untuk menang (misalnya Roshan, di DotA
Allstars).
Atribut
Hero
Hero mempunyai tiga statistik utama,
yang dikenal sebagai atribut (Kekuatan/ Strength, Kecerdasan/ Intelligence,
Kelincahan/ Agility) dengan setiap hero memiliki satu Atribut Pokok. Atribut
Pokok bisa ditentukan berdasarkan icon yang tampak di status panel, seperti
yang digambarkan disini (Strength digambarkan dengan icon “kepalan
tangan”/”fist”, Agility dengan “kaki” dan intelligence dengan pikiran/ mind).
Menambah Atribut Pokok seorang hero bisa menambah damage. Sebagai tambahan,
menambah atribut hero bisa mempertinggi statistik yang bersangkutan.
- Strength mempertinggi hit points dan regenerasi
hitpoint. 1 Strength point = 19 HP, 1 Strength Point = 0.03 HP/detik
tambahan regenerasi.
- Agility mempertinggi kecepatan serangan/attack speed
dan rating armor. 7 Agility Points = 1 armor, 1 Agility Point = 1% IAS
(Increased Attack Speed/ penambahan kecepatan serangan).
- Intelligence mempertinggi mana points dan regenerasi
mana. 1 Intelligence Point = 13 MP, 1 Intelligence Point = 0.04 MP/detik
tambahan regenar
Statistic
Hero
Hero juga memiliki sejumlah variasi
statistik yg bs dirubah dgn mewarisi skill, pembelian item atau perubahan
atribut:
- Attack Damage – Mengindikasikan berapa serangan hero
dikurangi dari hit point penerima. Menambah Atribut Pokok hero bisa
menambah attack damage dia, dimana setiap penambahan satu poin di Atribut
Pokok menambah attack damage dengan satu point.
- Attack Speed – Menentukan seberapa cepat hero memakai
serangan mereka. Hero yang mempunyai attack speed dua kali lipat dari hero
lain akan menyerang dua kali lebih banyak dalam sejumlah waktu tertentu.
Attack speed ditentukan oleh base speed utk masing- masing hero, dan
ditambah oleh agility. 1 Agility point = 1% IAS.
- Hit Points – Merepresentasikan berapa damage seorang
hero bisa menyerap sebelum dia terbunuh. Hit points regenerasi seiring
waktu sampai nomor maksimal. Nomor maksimal hit points seorang hero miliki
dan kecepatan regenerasinya adalah fungsi dari atribut strength hero. Hero
dengan strength lebih tinggi mempunyai nomor maksimal yang lebih tinggi
untuk hit points dan regenerasinya lebih cepat. Hit points diindikasikan
oleh angka current dan maximum.
- Mana Points – Mana points seorang hero adalah jumlah
energi hero memiliki untuk mempergunakan kemampuan/abilities atau cast
spell. Kebanyakan (tapi tidak semua) kemampuan/abilities mempergunakan
mana. Mana juga regenarasi seiring dengan waktu. Jumlah maksimal mana dan
kecepatan regenerasi mana adalah fungsi dari kecerdasan/intelligence hero.
Mana points diindikasikan oleh angka current dan maximum.
- Armor Rating – Armor rating hero adalah berapa damage
fisik ke hero dikurangi, dimana damage fisik tidak termasuk damage dari
spell, namun demikian damage magic yang dilakukan ke seorang hero dikurangi
25% (yang bisa ditumpukkan yang berkurang dengan item dan skill tertentu).
Jumlah damage fisik yang dikurangi oleh armor dilihat sebagai persentase
dan akan mempunyai hitungan yang berkurang saat armor count naik.
- Movement Speed – Menentukan berapa cepat hero berjalan
untuk jarak tertentu, tidak termasuk efek dari spells. Movement speed
adalah base value kira- kira 300, yang berbeda dari hero ke hero, tapi
bisa dimodifikasi dengan kemampuan/abilities atau item. Akan tetapi ada
batasan kira- kira 522 untuk movement speed yang tidak bisa dilewati,
walaupun kebanyakan hero tidak akan mencapai batasan ini. (Beberapa hero
bisa mencapai movement speed ini tanpa Rune haste, yakni Balanar the Night
Stalker yang mempunyai tambahan pasif berlari waktu malam, Slardar the
Slithereen Guard dengan kemampuan/ability Sprint-nya, Barathrum the Spirit
Breaker dengan kemampuan/ability Charge of Darkness, Strygwyr the Blood
Seeker yang dengan gampang mencapai 522 dengan kempampuan/ability
Strygwyr’s Thirst, Anub’seran the Nerubian Weaver dengan kemampuan/ability
Shukuchi, dan Banehallow the Lycanthrope waktu dalam Shapeshift-nya.
Kali ini saya akan sedikit membahas
tentang game strategi, game startegi yang kali ini ingin saya bahas adalah DOTA
2. Bagi para “gamers” pasti nama game ini sudah tidak asing lagi karena game
ini adalah salah satu game strategi yang sangat populer di mainkan saat ini.
Kayaknya basa basi nya cukup :), yang pertama ingin saya jelaskan adalah :
Hero pada karakter di DOTA 2 ada
banyak macam, salah satu yang sangat populer adalah PUDGE.
Selain PUDGE, ada banyak macam
karakter/”HERO” dalam DOTA 2.
Berikut adalah daftar nama HERO yang
ada pada game DOTA 2 :
THE RADIANT (sentinel)
- ADMIRAL
- ANTI-MAGE
- BEASTMASTER
- BOUNTY HUNTER
- CENTAUR WARCHIEF
- CLOCKWERK GOBLIN
- CRYSTAL MAIDEN
- DRAGON KNIGHT
- DROW RANGER
- DWARVEN SNIPER
- EARTHSHAKER
- ENCHANTRESS
- FAERIE DRAGON (PUCK)
- HOLY KNIGHT
- JUGGERNAUT
- LORD OF OLYMPUS (ZEUS)
- MOON RAIDER (LUNA)
- MORPHLING
- NATURE’S PROPHET
- OMNIKNIGHT
- PRIESTESS OF THE MOON
- ROGUE KNIGHT (SVEN)
- SHADOW SHAMAN
- SLAYER
- STEALTH ASSASSIN (RIKI)
- STONE GIANT (TINY)
- STORM SPIRIT
- TINKER
- URSA
- VEGENFUL SPIRIT
- WINDRUNNER
THE DIRE (scourge)
- AXE
- BANE
- BLOODSEEKER
- PUDGE
- DARK SEER
- DEATH PROPHET
- LION
- DOOM BRINGER
- ENIGMA
- FACELESS VOID
- LICH
- RAZOR
- VIPER
- WEAVER
- NIGHT STALKER
- PUGNA
- QUEEN OF PAIN
- SAND KING
- SHADOW FIEND
- DAZZLE
- SKELETON KING
- SLARDAR
- SPECTRE
- TIDEHUNTER
- TORMENTED SOUL
- VENOMANCER
- WARLOCK
- WITCH DOCTOR
0 komentar:
Posting Komentar